Halaman

Total Tayangan Halaman

Minggu, 28 Maret 2010

Tips dan Trik Membeli Laptop

Sekarang ini banyak masyarakat yang membutuhkan laptop untuk pekerjaan sehari-harinya. Laptop yang umumnya mudah dibawa ini menjadi andalan masyarakat untuk membantu pekerjaannya selagi tidak dirumah atau di kantor.

Namun seringkali kita bingung laptop seperti apakah yang harus kita beli??? Hal ini disebabkan variasi laptop yang saat ini sangat banyak. Mulai dari notebook sampai laptop yang panjangnya 1 meter pun tersedia di pasaran. Harga laptop pun sekarang sangat bersaing.

Oleh karena itu, sebelum membeli laptop, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu laptop seperti apa yang kita butuhkan. Karena laptop yang paling canggih belum tentu yang paling baik untuk kita.

Tips pertama sebelum membeli laptop. Tulis list apa yang akan anda kerjakan menggunakan laptop yang akan kita beli. Misal : ngetik tugas, membuat gambar, foto-foto, maen game, dan sebagainya (tulis sebanyak-banyaknya). Kemudian filter list tersebut, coret yang sekiranya tidak terlalu penting seperti foto-foto bisa menggunakan kamera. Lanjutkan filter list tersebut sehingga yang tersisa adalah yang benar-benar penting dan akan sering kita lakukan. Tips ini berguna untuk menentukan processor apa yang kita butuhkan. Kalau laptop hanya akan digunakan untuk mengetik, processor pentium pun sudah cukup. Tapi kalau laptop akan digunakan untuk mengerjakan sesuatu yang berat seperti membuat gambar/animasi yang rumit, ada baiknya menggunakan processor yang sudah diatas seperti dual core atau core 2 duo. Atau bisa juga dengan menambahkan VGA jika kita memerlukan resolusi gambar yang lebih baik atau sangat baik.

Tips kedua sebelum membeli laptop. Tulis list program yang sekiranya akan diinstall pada laptop. Misal : java, office, adobe flash, firefox, dan lain-lain. Untuk laptop yang hanya akan diinstal program-program standart dan storage yang diperlukan tidak terlalu banyak, laptop dengan harddisk 80-120 Gb sudah memenuhi kebutuhan. Namun jika program yang akan diinstall banyak dan cukup berat, ada baiknya memilih laptop dengan HD 120 keatas. Untuk anda yang cukup sering menggunakan program-program berat dan suka menyimpan file, disarankan menggunakan harddisk eksternal untuk storagenya. Selain untuk menghemat memory harddisk pada laptop, menjaga laptop agar tetap pada speednya, juga untuk menjaga file agar tidak hilang jika suatu waktu laptop rusak.

Tips ketiga sebelum membeli laptop. Seringlah melihat-lihat laptop di toko yang berbeda-beda dan seringlah bertanya mulai dari spesifikasi hingga harganya untuk menambah wawasan anda terhadap laptop yang anda butuhkan.

Tips keempat sebelum membeli laptop. Jika anda sudah menentukan pilihan anda mulai dari merk, spesifikasi, serta model laptop, periksa garansi dan keaslian laptop tersebut.

Ciri-ciri laptop.
Bagi anda yang menggunakan laptop untuk pekerjaan yang tidak terlalu berat, misal untuk mengetik saja, jenis laptop seperti ini biasanya tipis dan ringan.
Bagi anda yang menggunakan laptop untuk pekerjaan yang berat, misal untuk membuat film animasi, laptop jenis ini biasanya agak berat dan tebal.

Sekarang, sudah tau kebutuhan anda terhadap laptop??

3 komentar:

  1. wahh.. kalo mw beli laptop ajak kamu aja.. haha

    BalasHapus
  2. wah bagus juga tipsnya
    nanti klo bingung pas mo beli ngajak lw jah dah tuh skalian bwt konsultasi dah
    hehehheeee ^_^

    slain yang diatas apakah ada lagi yang perlu diperhatikan dalam memilih laptop sbg contoh seperti ukurannya atau berat laptop tersebut atau seberapa panas laptop tersebut jika digunakan???

    mohon pencerahannya ^_^

    BalasHapus
  3. Sebetulnya sih intinya menyesuaikan sama kebutuhan aja. Biasanya kita kan pengennya laptop yang canggih tanpa tahu kebutuhan kita sebenernya untuk apa. Mubazir kan kalo kita beli laptop harga 12 juta dgn spec yg heboh, tapi ternyata cm dipake buat ngetik sama online facebook aja. Klo kyk gtu notebook juga bisa. Makanya kita harus tahu dulu kebutuhan kita. Soal merek atau harga itu sekarang rata-rata bersaing semua.

    Selebihnya sesuai selera deh. Tapi buat yg butuh speed super tinggi, jangan harap laptopnya bakal ringan. Klo pengen speed tinggi tapi ringan tu istilahnya kayak mau narik truk yg isinya penuh batu2an pake merci. Yg ada malah diem ditempat.. :D

    BalasHapus