Halaman

Total Tayangan Halaman

Rabu, 23 Februari 2011

Pembuatan Game


Artikel kali ini adalah tentang proses pembuatan game dan interaksi antar profesi yang dibutuhkan serta pengertian video game dan jenis-jenisnya.

Proses pembuatan game, diawali dengan brainstroming dari semua orang yang terlibat. Kemudian dari hasil brainstroming tersebut, ada beberapa patokan yang digunakan dalam pengembangan selanjutnya. Pertama, desain karakter. Kedua, skenariio. Dan ketiga aturan main.

Setelah brainstroming. Programer mulai melakukan coding, dan sementara itu desainer mulai menggarap karakter. Tentu saja dibarengi dengan pembuatan sound effect dan music ilustrasi untuk membuat suasana semakin hidup . setelah selesai, semuanya dikumpulkanjadi satu dan diolah lagi bersama-sama.

Untuk desain karakter, biasanya menggunakan software olah grafis seperti Adobe Photoshop. Sedangkan coding biasanya menggunakan bahasa pemrograman seperti C++ atau yang lainnya. Sampai tahap ini biasanya masih banyak sekali kesalahan-kesalahan yang ditemukan.

Bahkan kesalahan ini bisa mencapai 1 miliar kesalahan coding yang ditemukan dalam tahap ini, setelah dijadikan satu dengan menggunakan game engine, hasilnya akan dievaluasi. Tahap ini terus berulang, sampai kesalahan bisa diminimalisasi sekecil mungkin. Biasanya bisa sampai 6 bulan.

Setelah selesai, kadang masih saja ditemukan kesalahan coding yang muncul. Dalam tahap akhir, kesalahan coding ini tidak boleh sampai merusak skenario. Namun terkadang ada kalanya programer game menemukan bug yang justru menimbulkan fitur baru. Misalnya dalam coding ditujukan untuk menggambarkan seorang musuh tertembak dan lari. Namun pada saat diuji coba , musuh malah lari sambil menembak ke belakang. Hal ini memunculkan lagi fitur tambahan yang menjadikan game lebih menarik.

Memang, ada kalanya game yang sudah dirilis juga masih memunculkan kesalahan. Seperti, gambar pohon yang warnanya berbeda,atau sang tokoh utama yang berkostum salah. Kesalahan yang juga terjadi adalah kesalahan skenario. Di mana kadang terjadi, seorang pemain yang sudah melewati level tertentu, berhasil menang. Namun ternyata pemain justru malah mundur lagi ke level sebelumnya.
Setiap bug yang muncul, berarti harus dilakukan coding ulang atau pembenahan menyeluruh. Sebab, satu bug saja yang muncul bisa menjadi pemicu munculnya bug lain.


Video game terbagi dua menurut dimensinya, yaitu:

-2D (two dimension)
: Game dua dimensi dapat diketahui berdasarkan ruangnya yang hanya memiliki dua sisi ( X dan Y). Sedangkan untuk gambarnya sendiri dapat menggunakan Vector maupun Bitmap. Untuk membuat animasi bergerak (berjalan,melompat,berlari,dll) kita harus membuat gambar satu persatu yang disebut dengan(frame).
Kerealisasian gerakan ditentukan dari gambar yang dibuat, jumlah gambar(frame) yang digunakan, serta hitungan gambar per detik (frame per second ( semakin tinggi hitungan gambar per detik maka semakin mulus gerakan yang akan dihasilkan)). Bagi pemula sebaiknya mencoba untuk membuat game bertipe 2D terlebih dahulu.

-3D (three dimension)
: Sama dengan dua dimensi , game bertipe ini dapat diketahui berdasarkan ruangnya , hanya saja dalam 2D hanya ada 2 sisi (X,Y), dalam game 3D anda akan menemui tiga sisi (X,Y,Z).
Game bertipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan:
-3d object/model
: ini merupakan model/ object 3 dimensi yang nantinya akan anda jadikan sebagai karakter utama, bangunan, object-object seperti senjata,musuh, permukaan tanah ,pohon, bukit,dll. Object 3d seperti ini bisa anda buat dengan menggunakan program seperti “3D S.Max”,”Maya”,”Hash”,dll

-2d graphic
:gambar 2d juga berperan dalam membuat game bertipe 3D fungsi gambar 2d antara lain:
- sebagai texture untuk object
- sebagai latar belakang ( langit , pemandangan,dll)
- sebagai meteran untuk nyawa , gambar untuk speedometer (untuk game racing), dll.

Sedangkan untuk membuat animasi dalam 3D dapat digunakan bones(tulang) yang layaknya manusia dapat digerakkan. Selain itu animasi tetap juga dapat menggunakan bitmap (gambar 2d) untuk animasi pada texture air, api,dll.

Dalam membuat game 2D sebaiknya anda bekerja dalam kelompok atau team yang minimal terdiri dari 3 orang:
-1 orang programmer
-1 orang graphic design
-1 orang music composer

Sedangkan untuk membuat game 3D sebaiknya anda minimal mempunyai 5orang dalam satu kelompok:
-1 orang programmer
-1 orang texture maker
-1 orang 3d modeler
-1 orang music composer
-1 orang pengatur gerakan (koreografer)

Sebetulnya , dalam membuat game dapat juga dilakukan sendirian, tetapi hal ini membutuhkan waktu yang lama dan hasil yang kurang maksimal , sebab tidak mungkin satu manusia memiliki kemampuan dalam membuat program, menggambar, membuat model 3D( untuk game 3D), pengatur animasi ,serta membuat musik.

Namun, untuk dapat menciptakan sebuah game yang canggih, rumit, menantang dan menarik, diperlukan pembelajaran melalui pengalaman. Mulai dari membuat game yang sederhana hingga rumit. Jadi, bila Anda tertarik membuat game sendiri dan menjadi game developer, mulailah dari yang sederhana.


Contoh game yang dapat di buat dengan mudah dan sederhana sebagai permulaan untuk belajar adalah Tetris. Kenapa? Karena Tetris berisikan semua elemen yang dapat ditemukan dalam setiap game. Karena mudah dan sederhananya, Tetris yang Anda buat dapat sama bagusnya dengan versi komersil. Tetris memiliki semua komponen individual. Ia juga mempunyai game loop (proses pengulangan hingga game tamat). Game loop ini akan membaca input, memproses input, memperbarui elemen game, dan memastikan kondisi kalah atau menang.

Mempelajari proses dan mengimplementasikan tahapan pada pembuatan Tetris sangatlah penting. Sebab di setiap game yang nantinya akan Anda buat, tahapan tersebut selalu menjadi dasarnya. Dan, itu akan memberikan pengertian mendalam tentang tingkat kesukaran dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat game. Sebaliknya, tanpa melakukannya, paling tidak sekali, Anda tidak akan memahami setiap elemennya. Namun setelah game “mirip” Tetris yang Anda buat itu selesai, sebaiknya jangan dinamakan “Tetris”, karena Tetris adalah merek dagang yang telah dimiliki oleh Alexey Pajitnov.

Tertarik untuk mencoba? :)

Profesi dalam Pembuatan Game


Melanjutkan artikel sebelumnya, kali ini akan dibahas tugas-tugas dari masing-masing profesi yang umumnya dibutuhkan dalam pembuatan game.


1. Game physics programmer

Bertugas sebagai mempelajari dan mengembangkan tampilan fisik dari suatu
permainan. Intinya adalah mentransformasikan dunia nyata kedalam sutu
game atau permainan. Biasanya permainan yang menampilkan tampilan fisik
dari duninya nyata seperti similasi gravitasi, cepretan air, kebakaran,
dan masih banyak lagi

2. Artificial intelligence programmer

Programmer AI (Artificial Intelligence) atau biasa disebut dengan
kecerdasan buatan, mengembangkan permainan logika digunakan untuk
melaksanakan sejumlah besar tindakanBeberapa game, seperti permainan
strategi seperti Civilization III atau RPG seperti The Elder Scrolls IV:
Oblivion, gunakan AI berat, sementara yang lain, seperti puzzle game,
hemat menggunakannya atau tidak sama sekali.

3. Graphics programmer

Programmer yang mengkhususkan diri dalam bidang ini pengembangan
permainan dapat menuntut upah tinggi dan biasanya merupakan komoditas
langka. Keahlian mereka dapat digunakan untuk permainan komputer maupun
game untuk konsol game seperti PlayStation 3, Nintendo DS, PSP, Wii dan
Xbox 360.

4. Sound programmer

Pemrograman suara telah menjadi andalan game pemrograman sejak zaman
Pong. Sebagian besar permainan menggunakan audio, dan banyak memiliki
skor. Sound programmer bisa dilatih atau memiliki latar belakang formal
dalam pemrosesan sinyal digital.

5. Gameplay programmer

Seorang game programmer lebih memfokuskan pada strategi permainan,
pelaksanaan permainan teknik dan logika, sehingga para pemain game akan
“merasa” terlibat sebuah permainan

6. Scripter

Penulis skenerio akan menulis kode untuk membuat semua konten dalam
permainan-jika pemain yang seharusnya untuk menembak musuh tertentu, dan
sebuah tombol merah yang seharusnya muncul bersama beberapa teks pada
layar, maka fungsi ini adalah semua ditulis sebagai bagian dari program
inti di C atau bahasa assembly oleh Sripter programmer.

7. UI programmer

Programmer ini mengkhususkan dalam pemrograman user interface (UIS)
untuk permainan. UI lanjutan sistem dapat memungkinkan scripting dan
efek khusus, seperti transparansi, animasi atau efek partikel untuk kontrol.

8. Network programmer

Programmer ini menulis kode yang memungkinkan para pemain bersaing satu
sama lain (atau bermain bersama-sama) yang terhubung melalui LAN atau
internet (atau dalam kasus-kasus langka, langsung terhubung melalui modem).

9. Lead game programmer

Programmer yang memimpin akhirnya bertanggung jawab atas semua program
untuk permainan. Ini adalah tugas mereka untuk memastikan berbagai
permainan submodules diimplementasikan dengan baik serta untuk melacak
pembangunan dari sudut pandang pemrograman.


Pada jaman sekarang, terkadang sebagian manusia memilih untuk hidup berada di kehidupan kedua setelah dunia nyata. Dan mereka memilih dunia itu karena memang lebih tentram juga lebih damai walau kadang ada keributan.


Dunia game layaknya dunia maya yang kita sering online dalam chating. Namun dunia game dapat membuat kita seakan menjadi nyata. Karena kita dapat membentuk karakter yang kita inginkan dan kita juga dapat menjadi karakter yang kita inginkan. Salah satu contoh game yang memang menjadi dunia kedua bagi kita adalah AyoDance.

Dimana di dalam dunia ini kita membentuk karakter layaknya yang ada di dalam diri kita dan terkadang kita mencerminkan apa yang ada dalam diri kita dalam dunia ini. Andaikan dibandingkan dengan dunia nyata, sakit hati yang dicerminkan akibat dunia game ini terasa lebih menyakitkan. Dan imbasnya dapat ke dunia nyata atau real, sehingga merubah pola pikir kita menjadi tidak layaknya biasanya.

Kecanduan memiliki dunia kedua setelah dunia nyata, adalah suatu hal yang amat wajar karena terkadang dalam dunia real kita melihat bahwa diri kita ini tidak sempurna sama sekali. Sehingga kita mencerminkannya kepada dunia kedua kita atau dunia game. Andaikan ada sebuah penyelesaian dari sebuah krisis kepedean ini bagi manusia, mungkin mereka akan menghadapi masalah secara real bukan secara game.

Bagaimana kita menyikapinya? Terlepas dari akibat kecanduan bermain game, coba kita bayangkan bagaimana jadinya bila di dunia ini tidak ada game sama sekali? Tentunya kita akan menyadari bahwa kita membutuhkan sesuatu yang bernama "game" itu. Entah untuk melepas stress, menghabiskan waktu, atau mengasah otak dan kemampuan.

Ada baiknya saat kita ingin membuat game, kita perlu memikirkan tujuannya terlebih dahulu. Sehingga game yang dibuat bisa lebih memiliki nilai seni. :)

Sabtu, 19 Februari 2011

Game

Apa sih game itu?


Game adalah sebuah permainan interactive yang membutuhkan komputer untuk bermain. Program komputer menerima input dari si pemain melalui pengendali dan menampilkan lingkungan buatan melalui TV atau layar monitor.


Generasi game pertama muncul dari ATARI 2600, merupakan konsole game pertama yang sukses di mansanya atari 2600 ini dirilis pada oktober 1977, waduh kalian sudah lahir blom ya :p nah setelah itu dikenal dengan nama VCS (Video Computer System)


Setelah sukses pada generasi pertama atari tidak menyerah sampai disitu saja untuk memajukan dunia game elektronik pada generasi kedua muncullah atari 7800, konsol ini dirilis pada juni 1986. Pada atari 7800 ini ada sedikit kemajuan dengan menambahkan joystik sehingga user dapat lebih mudah untuk memainkan konsole game ini namun pada masanya harga dari konsole game ini selangit yaitu $140 wuiih pada jamannya mungkin ini menjadi salah satu permainan termahal..


Lalu setelah Atari 7800 ada NES Nintendo entertaintment System. Nah, inilah konsole permainan pertama kali yang menggunakan 8 bit nah nintendo ini menghasilkan produk produk game yang lain daripada yang lain. Salah satu game yang compatible dengan NES ini adalah super mario bros..


Setelah NES laris manis dengan super marionya lalu muncul lagi konsole game Sega Mega Drive. Sega mega drive ini merupakan generasi ke tiga dari dunia game sega menggunakan 16 bit dan dirilis pada tahun 1988, kalau tadi nintendo dikenal dengan super mario brossnya sega juga tidak mau kalah dengan mengeluarkan game sonic the hedhog.


Generasi ke empat dari sejarah game, produksi game semakin menjamur dan berkembang pesat. Salah satu contoh pada generasi ke empat ini lahirlah playstation yang merupakan salah satu game konsole terlaris dan menurut saya terbaik di Indonesia bahkan di dunia dan juga merupakan terobosan baru di dunia game dengan menggunakan 32 bit.


Generasi ke lima, playstation atau yang lebih akrab kita sebut PS semakin gencar melakukan produksi lainnya yang lebih mutakhir dengan mengeluarkan konsole game PS2. Namun pada generasi ke lima ini sangat banyak sekali saingan PS2 seperti XBox, sega Saturn, Dreamcast, dan lain-lain. Dari generasi ke lima ini sudah mulai banyak perusahaan-perusahaan yang memproduksi konsole game.


Generasi sekarang, sekarang ini sudah banyak sekali konsole game menjamur di dunia. Play Station juga masih terus mengembangkan sistemnya dengan mengeluarkan PS3. XBox juga mengeluarkan XBox 360. Dan Nintendo juga mengeluarkan WII.


Sudah cukup dengan sejarah, membuat game tentu saja tidak mudah. Para user atau pemain mungkin dapat mengatakan sebuah game itu "jelek" tanpa berfikir bagaimana rumitnya membuat game tersebut. Dalam membuat game, tidak cukup dengan menjadi programer saja atau designer saja. Banyak aspek atau profesi yang harus dapat dijalani untuk membuat sebuah game bahkan game sederhana sekalipun. Mengingat kemampuan manusia yang terbatas, dalam pembuatan game, diperlukan kerjasama antaraberbagai macam profesi untuk mempersingkat waktu pembuatan game dan memaksimalkan kualitas dari game itu sendiri.



Secara singkat dapat dituliskan ada 9 pihak/profesi yang diperlukan dalam membuat game, yaitu :


1. Game physics programmer

2. Artificial intelligence programmer

3. Graphics programmer

4. Sound programmer

5. Gameplay programmer

6. Scripter

7. User Iinterface programmer

8. Network programmer

9. Lead game programmer




Pustaka

http://are-tech.blogspot.com/2009/02/sejarah-game.html

http://inron01.blogspot.com/2008/11/sejarah-game.html